BIMTEK UJI KOMPETENSI PRODI D3 KEBIDANAN UNIVERSITAS ALMUSLIM

Bimbingan teknis Uji Kompetensi (Bimtek Ukom) Prodi Diploma III Kebidanan Universitas Almuslim (Umusim)  dilaksanakan dengan tujuan menambah bekal wawasan dan membuka peluang kelulusan bagi mahasiswa semester akhir. Disamping itu, Bimtek Ukom dilaksanakan sebagai persiapan mahasiswa semester akhir dalam menghadapi Uji Kompetensi  Bidan Indonesia (UKBI), dengan sering berdiskusi dan banyak latihan menjawab soal Uji Kompetensi yang sesuai soal Ukom Nasional. Harapan akhir dari kegiatan Bimtek Ukom ini adalah agar mahasiswa semester akhir Prodi D3 Kebidanan Universitas Almuslim dapat lulus (kompeten) pada saat mengikuti Uji Kompetensi Bidan Nasional.

Direktur Program Diploma III Kebidanan Universitas Almuslim Ibu Dewi Maritalia, SST., M.Kes, menerangkan bahwa suksesnya Uji Kompetensi Bidan Nasional tidak lepas dari semangat dan komitmen mahasiswa, dan peran serta dosen Prodi D3 Kebidanan Umuslim dalam proses bimbingan mulai dari perkuliahan awal semester hingga selesai studi pada prodi D3 Kebidanan Umuslim. “Peserta yang dinyatakan lulus (kompeten) akan mendapatkan sertifikasi kompetensi sebagai bukti kelulusan dan salah satu syarat yang digunakan untuk mengurus STR”, tegasnya menambahkan.

Proses kegiatan Bimtek Ukom ini dimulai dengan pembekalan materi Item Development bagi dosen dan mahasiswa kebidanan Universitas Almuslim, yang berlangsung selama 1 hari. Acara tersebut dibuka oleh Wakil Direktur Bidang Akademik dan Kehamasiswaan Ibu Siti Rahmah, SST., M.Kes, dilanjutkan dengan pembekalan materi Blueprint D3 Kebidanan yang disampaikan oleh  Ibu Anna Malia, SST., M.Keb. Materi Struktur soal Ukom disampaikan oleh Ibu Siti Rahmah, SST., M.Kes, kemudian dilanjutkan dengan review soal. Selama kegiatan berlangsung, mahasiswa dibagi dalam beberapa kelompok dengan fokus topik yang berbeda, untuk latihan membuat soal Ukom, dan mereview soal secara bergantian. Hal ini bertujuan, agar mahasiswa dapat lebih memahami struktur soal ukom dengan terbiasa latihan membuat soal sendiri yang menyesuaikan dengan standar soal Ukom nasional.

Jumlah mahasiswa yang mengikuti kegiatan Bimtek Ukom terdiri dari 8 orang. Agenda kegiatan Bimtek Ukom dimulai tanggal 18 Juli s/d 10 Agustus 2022, yaitu  1 hari kegiatan Item Development pada tanggal 18 Juli 2022, kemudian dilanjutkan ujian pra Bimtek Ukom pada tanggal 19 Juli 2022, kemudian selama 14 hari bimbingan belajar Ukom pada tanggal 20 Juli s/d 08 Agustus, dan terakhir ujian pasca Bimtek Ukom pada tanggal 10 Agustus 2022. Dosen pembimbing Bimtek Ukom terdiri dari 3 orang, yaitu Ibu Sri Raudhati, S.SiT., MKM, Ibu Nuraina, S.Tr.Keb, M.Keb, dan Ibu Agustina, S.SiT., MKM., yang sudah dibekali dengan pelatihan Item Development, Item Review & Item Bank Administrator dari AIPKIND dan juga Instansi-instansi dari regional setempat. Materi yang akan dibahas menyesuaikan dengan Blueprint D3 Kebidanan pada tinjauan 3 (Siklus Kesehatan Reproduksi Perempuan), yaitu topik pada remaja (2-5%), prakonsepsi (2-5%), hamil (20-25%), bersalin (15-20%), nifas (10-15%), masa antara (5-10%), perimenopause (5-10%), bayi baru lahir (5-10%), serta bayi dan balita (5-10%).

Adapun syarat pendaftaran Bimtek Ukom yaitu, mahasiswa D3 Kebidanan Universitas Almuslim yang sedang/telah menyelesaikan seluruh proses pembelajaran kecuali Tugas Akhir, namun dapat dipastikan Tugas Akhir tersebut akan selesai pada hari pelaksanaan ujian, membuat surat pernyataan kesediaan mengikuti bimbingan Ukom yang ditandatangani di atas materai, melakukan pendaftaran Bimtek, dan bersedia mengikuti kegiatan tryout serta bimbingan secara berkesinambungan yang dilaksanakan oleh Tim Ukom Prodi D3 Kebidanan Universitas Almuslim yang dikoordinir oleh Ibu Sri Raudhati, S.SiT.,MKM Pendaftaran Ukom Prodi D3 kebidanan Universitas Almuslim sudah dilaksanakan oleh admin Ukom, Sri Raudhati S.SiT., MKM sebelum tanggal penutupan 18 Juli 2022, bagi calon peserta yang sudah memenuhi syarat pendaftaran ukom, yaitu mahasiswa aktif/lulus, SKS minimal 108, semester tempuh bagi peserta didik baru minimal 6 semester, dan bagi jenis daftar pindahan/merger semester tempuh minimal 1, dan IPK minimal 2.1. Jumlah pendaftar Ukom Nasional Prodi D3 Kebidanan Universitas Almuslim pada Periode II Gelombang 2 Tahun 2022, yang akan dilaksanakan pada tanggal 13-15 Agustus 2022 berjumlah 8 orang, yaitu 7 orang first taker, dan 1 orang retaker.  (Sri RaudhatiAdmin Ukom Prodi DIII Kebidanan Umuslim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *