KULIAH UMUM ‘’GIZI DALAM KEHAMILAN’’

Program Diploma III Kebidanan Universitas Almuslim melaksanakan kuliah umum pada tanggal 22 November 2022. Kuliah umum ini dilaksanakan secara daring dengan tema ‘’ Gizi Dalam Kehamilan’’ dari pukul 09.00 s/d 12.00 Wib. Selain dari Kabupaten Bireuen, peserta juga berasal dari berbagai daerah diantaranya Semarang, Jambi, Sumatera Barat, Medan, Banda Aceh, Pidie Jaya, Lhokseumawe, Aceh Utara. Jumlah peserta dari kuliah umum ini lebih dari 100 orang peserta.

Kegiatan ini dipandu oleh moderator Herrywati Tambunan, S.Tr.Keb, MKM, yang merupakan dosen Program Diploma III Kebidanan.  Dalam sambutan Direktur Program Diploma III Kebidanan Universitas Almuslim mengatakan melalui kuliah umum ini dapat ‘’Menghidupkan Atmosfir Akademik, dan Juga Dapat Meng-Update Ilmu Bagi Mahasiawa Maupun Dosen Sehingga Dapat Mengaplikasikannya Terutama Dalam Memberikan Asuhan Kebidanan Khususnya Pada Ibu Hamil’’.

Pemateri dalam kuliah umum ini ibu Prof.Dr.Yusni, S.Kp., M.Kes., AIF, yang merupakan dosen bagian Fisiologi Fakultas Kedokteran Universitas Syah Kuala dengan topik yang disampaikan yaitu ‘’Dampak Malnutrisi Pada Ibu Hamil’’. Pemateri kedua yaitu ibu Nurhidayati, MPH yang merupakan dosen Program Diploma III Kebidanan Universitas Almuslim dengan topik ‘’Nutrisi Optimal Pada Ibu Hamil’’.

Pada pemaparan materi Prof.Dr.Yusni, S.Kp., M.Kes., AIF menjelaskan bahwa malnutrisi bukan hanya kekurangan tetapi juga kelebihan nutrisi, dimana malnutrisi tesebut dapat menimbulkan permasalahan kesehatan bukan hanya pada masa kehamilan tetapi juga pada janin yang akan berefek jangka panjang yaitu antar generasi selanjutnya, serta dapat menimbulkan masalah pada masa persalinan dan perkembangan anak salah satunya stunting.

Paparan materi dari ibu Nurhidayati, MPH, bahwa untuk optimal gizi pada ibu hamil perlu gizi seimbang, dimana gizi seimbang diantarnya tercukupinya gizi makro dan juga gizi mikro. Sumber gizi tersebut dapat diperoleh dengan mengkonsumsi makanan yang beraneka ragam, dan ini merupakan salah satu prinsip gizi seimbang. {Herrywati Tambunan}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *