Kuliah Pakar “Teknik Hypnobirting Pada Asuhan Persalinan”

Program Studi Diploma III Kebidanan bekerjasama dengan Akademi Keperawatan KESDAM IM Lhokseumawe mengadakan kuliah umum secara luring dengan tema “Teknik Hypnobirting Pada Asuhan Persalinan”, pada hari kamis tanggal 27 Oktober 2022, mulai pukul 09.00 WIB s.d selesai di Aula Fakultas Tehnik Universitas Al-Muslim Kabupaten Bireuen. Acara ini dipandu langsung oleh Nuraina, S.Tr.Keb., M.Keb, dosen Prodi D III Kebidanan Universitas Al-Muslim. Untuk memberkahi acara ini dilanjutkan dengan pemcaan ayat suci Al-quran yang dibacakan oleh Nadia Urizky. Nadia Urizky merupakan mahsiswi program D III Kebidanan Universitas Al-Muslim.

Kegiatan ini dibuka oleh Direktur Prodi D III Kebidanan Universitas Al-Muslim, Dewi Maritalia, SST., M.Kes. Pada kesempatan ini beliau mengarahkan seluruh mahasiswa Kebidanan Universitas Al-Muslim untuk mengikuti kegiatan kuliah pakar ini. Beliau berharap agar mahasiswa dapat mengetahui dan mengaplikasikan tentang Hypnobirting Pada Asuhan persalinan. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ns. Alhuda, S.Kep., M.kes., WOC., (ET)N., CSN., CHtN., CI. Beliau berharap mahasiswi Diploma III Kebidanan mampu mengetahui terhnik Hypnobirting pada ibu bersalin atau cara mengurangi rasa nyeri pada pasien.

Kegiatan kuliah umum ini dilaksanakan bersamaan dengan penandatanganan MOU (Memorendum Of Understending) dan pertukaran cindera mata antara Diploma III Kebidanan Umuslim dengan AKPER KESDAM IM Lhokseumawe dengan harapan bisa menjalin kerjasama baik dari segi pendidikan, penelitian, pengabdian ataupun pelatihan yang dilakukan  khususnya terkait dengan asuhan kebidanan komplementer.

Moderator dalam kuliah pakar ini dipandu oleh Siti Saleha, SST., M.Keb, yang merupakan dosen tetap Diploma III Kebidanan Universitas Al-Muslim.

Pemaparan materi dalam kegiatan ini adalah Ns. Alhuda, S.Kep., M.kes., WOC., (ET)N., CSN., CHtN., CI. Beliau menyampaikan tentang Hypnobirting dan berbagai macam manfaat serta tujuan dari teknik Hypnobirting ini. Besar harapan untuk mahasiswi agar dalam memberikan pelayanan kebidanan, mahasiswi mampu mengaplikasikan teknik mengurangi rasa nyeri dalam persalinan. Ini dilakukan guna untuk mengurangi angka persalinan secara SC.

Kegiatan kuliah pakar ini dihadiri oleh dosen dan mahasiswa diploma III Kebidanan Universitas Al-Muslim. Oleh moderator Siti Saleha, SST., M.Keb, menyimpulkan bahwa ada 4 tehnik Hypnobirting yaitu: Preinduksi, Induksi, Deepening, dan Sugesti. Kegiatan ini ditutup dengan doa dan foto bersama di akhir acara. Dengan harapan agar ilmu yang diperoleh pada kesempatan ini dapat bermafaat dan berkah bagi semua. {Zulfa Hanum}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *