Tim Kendali Mutu Prodi (TKMP) Program Diploma III Kebidanan Universitas Al- Muslim Bireuen melaksanakan MONEV  Perkuliahan Semester Genap Tahun Akademik 2021-2022 

Tim Kendali Mutu Prodi(TKMP) Program Diploma III Kebidanan Universitas Al – Muslim melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Perkuliahan semester Genap Tahun Akademik 2021-2022. Sehubungan dengan telah berakhirnya perkuliahan semester Genap Tahun Akademik 2021-2022, maka perlu dilakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan proses perkuliahan  sebagai bahan evaluasi dan pertimbangan kebijakan perkuliahan di semester genap 2020/2021.

Sesuai dengan visi Program Diploma III Kebidanan Universitas Almuslim yaitu “Menjadi Program studi yang menghasilkan tenaga bidan Unggul, Profesional dan Islami  pada Tahun 2022 di tingkat Nasional” maka sistem penjaminan mutu merupakan salah satu aspek organisasi yang di bangun oleh Universitas Almuslim dan diteruskan di tingkat fakultas dan program studi, agar tercapai standar mutu yang diharapkan. Salah satu cara memantau proses demi tercapainya mutu tersebut adalah dengan melakukan monitoring dan evaluasi perkuliahan/pembelajaran yang dilakukan setiap semester baik tingkat Prodi, Fakultas dan Universitas Almuslim.

Salah satu proses yang penting dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu proses pembelajaran yang didukung oleh dosen. Dosen memiliki peran penting dalam proses pembelajaran agar seluruh kegiatan dapat berjalan dengan baik. Untuk memastikan proses pembelajaran berjalan dengan baik dan terarah, maka dilakukan kegiatan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan pembelajaran. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi proses pembelajaran di Program Diploma III Kebidanan  dilakukan terhadap seluruh dosen pengajar pada tiap akhir semester. Monitoring dan evaluasi proses perkuliahan semester Genap TA 2021/2022 dilaksanakan secara online dengan menggunakan google form dengan menyebarkan link monitoring dan evaluasi. Monitoring dilakukan untuk mengetahui kegiatan proses pembelajaran oleh dosen. Adapun data yang dilaporkan meliputi data dosen yang mengajar, kehadiran dosen dalam perkuliahan, kehadiran mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan, pencapaian materi mata kuliah, kesesuaian mata kuliah dengan bidang ilmu serta evaluasi kinerja dosen dalam pembelajaran.

            Monev perkuliahan ini  merupakan salah satu tugas pokok yang dilakukan secara teratur pada akhir semester yang dilakukan oleh Tim Kendali Mutu Prodi(TKMP) Program Diploma III Kebidanan Universitas Almuslim. Sedangkan evaluasi merupakan hasil akhir dari kegiatan monitoring yang dilakukan selama proses belajar mengajar selama satu semester. Seluruh data yang disajikan dalam laporan ini diperoleh atas kerjasama Badan  Penjaminan Mutu Universitas (BPM) dan Tim Kendali Mutu Prodi (TKMP) Program Diploma III Kebidanan Universitas Almuslim.

Dengan terlaksananya monitoring dan evaluasi ini kami berharap dapat memberi masukan pada proses perkuliahan/pembelajaran pada semester selanjutnya demi kemajuan pada Program DIII Kebidanan dan Universitas Almuslim pada umumnya.

Sesuai arahan dari Badan Penjaminan Mutu(BPM) Universitas, seluruh dosen pengajar pada Program DIII Kebidanan untuk mengisi instrumen monitoring dan evaluasi perkuliahan semester genap TA 2021/2022, batas pengisian sampai tanggal 21  Juli 2022, berikut kami sertakan surat dan link instrumen monev.

https://bit.ly/TKMP_MonevPerkuliahan_Genap2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *