Alhamdulillah, hari ini acara seminar kasus asuhan kebidanan praktik klinik mahasiswi semester III di wilayah kabupaten Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe telah selesai. Semua berjalan dengan lancar dan sukses seperti yang diharapkan. Seminar ini diadakan di Kampus B UMUSLIM Lhokseumawe, dari pukul 14.00 wib s/d 16.00 wib. Peserta seminar terdiri dari 5 kelompok, yaitu kelompok dari BPM syamsiah, BPM Masnun, BPM Salabiah, Klinik bersalin Opet, dan Klinik bersalin Riski Ananda. Adapun kasus kebidanan yang diseminarkan mengenai asuhan persalinan normal (APN) dan asuhan pada ibu hamil dengan komplikasi.

Sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan bahwa PKK semester III ini dilaksanakan mulai tanggal 30 Desember 2013 s/d 18 Januari 2014. Maka, ini adalah minggu terakhir dari pelaksanaan PKK semester III, dan pada minggu terakhir ini sebelum mahasiswi kembali ke akademik harus mempresentasikan asuhan kebidanan dari lokasi/lahan praktik masing-masing untuk mendapatkan nilai kelompok.

Setelah selesai pelaksanaan PKK ini, mahasiswi wajib mengikuti Ujian Post Test di Laboratorium kebidanan Umuslim. Ujian ini diadakan untuk mengevaluasi skill/keterampilan mahasiswi setelah turun ke lahan. Sehingga ilmu teori yang mereka dapatkan di kelas dan praktik langsung dengan pasien di lahan bisa mereka sesuaikan dan tidak ada kesalahfahaman antara teori dengan praktik. 🙂

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *