Matangglumpangdua-Bireuen

Asuhan Kebidanan Komprehensif merupakan asuhan kebidanan yang dilakukan mulai Antenatal Care (ANC), Intranatal Care (INC), Post Natal Care (PNC) dan Bayi Baru Lahir (BBL) pada pasien secar keseluruhan. Format asuhan yang digunakan dalam melakukan asuhan kenidanan komprehensif mengikuti format yang digunakan pada Program Diploma III Kebidanan Universitas Almuslim. Untuk aduhan ANC dimulai dari Trimester III, asuhan PNC sampai dengan kunjungan 42 hari (masa nifas atau KN4).

Adapun tujuan memberikan asuhan kebidanan komprehensif ini agar mahasiswi mampu memberikan asuhan kebidanan pada pasien secara nyata mulai dari kehamilan sampai dengan asuhan bayi baru lahir (neonatus). Asuhan kebidanan komprehensif merupakan tugas yang harus dilakukan oleh mahasiswi Program Diploma III Kebidanan Universitas Almuslim agar dapat mengikuti ujian akhir sidang Karya Tulis Ilmiah (KTI).

Sidang ASKEB KOMPREHENSIF tahun ajaran 2012/2013 sedang berlangsung hingga saat ini, dan sudah mencapai 60% yang naik sidang, dan semua yang telah sidang dinyatakan lulus oleh penguji. Keseriusan dan semangat mahasiswi dalam menyusun Askeb Komprehensif ini patut dibanggakan, karena mereka saling berlomba untuk cepat selesai dan cepat disidangkan. Semoga untuk tahun akademik selanjutnya, dapat menjadi contoh yang positif oleh mahasiswi kebidanan Almuslim.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *